Februari 18, 2015

Pembekalan Ujikom Materi Pengkabelan

Hari ini (18/02) pukul 07.00 Bel masuk udah berdering (Kriing.....!!!). Semua anak kelas XII TKJ 1,2,3 masuk ke masing-masing Lab sesuai dengan jadwal pembekalan. Lab Jaringan untuk Materi Proxy yang diisi oleh Mr. Akhmad Najib, S.Kom, Lab MM untuk Materi Proxy yang diisi oleh Mr. Faried Iskandar, S.Kom dan Lab KKPI untuk Materi Pengkabelan yang diisi oleh saya sendiri Mrs. Ika Retno Winasis, S.Kom Heheheheee.... Tanpa berpikir panjang kamipun masuk Lab dan mulai beraktifitas Baca Doa sebelum memulai kegiatan Pembekalan. Setelah berdoa, saya pun menerangkan sedikit tentang pengkabelan jaringan yaitu straight-throught dan Crossover.Pertama menyiapkan kabel UTP, konektor JR45, crimping tools, LAN tester.
Gb. Tang Crimping

Gb. Kabel UTP

Gb. LAN Tester

Pertama memotong kabel UTP dengan crimping tools dan mengupas pembungkus kabel. Menguraikan dan mengurutkan kabel UTP sesuai warna dan membuat dua tipe sambungan, yaitu

crossover dan straight-though. Urutan standar warna T568A adalah hijau putih, orange putih, biru putih, coklat putih. Sedangkan urutan standar warna T568B adalah orange putih, hijau putih, biru putih, coklat putih. Untuk membuat sambungan crossover maka jika salah satu ujung menggunakan susunan sesuai dengan standar warna T568A maka ujung yang lain harus menggunakan urutan standar warna T568B atau sebaliknya.

Sedangkan untuk membuat sambungan straight-through kedua ujung harus menggunakan urutan standar warna yang sama T568A atau T568B pilih salah satu. Lalu masukkan ujung kabel ke dalam konektor RJ45 sampai pada ujung pada konektor RJ45. Lalu mengcrimping RJ45 dengan crimping tools. Lalu melakukan tes kabel dengan LAN tester, bila pada sambungan straight-though maka lampu indikator pada LAN tester akan menyala semua, apabila tidak menyala maka ada kesalahan pada kabel UTP. Begitu juga dengan sambungan crossover, apabila lampu indikator menyala pada lampu indikator 2, 3, 4, dan 5 maka kabel UTP tersebut benar. Kemudian mencoba kabel UTP dengan sambungan crossover pada komputer. Menghubungkan kabel UTP antara komputer satu dengan komputer dua.

Foto-foto Kegiatan anak-anak Pembekalan sebagai berikut :
Gb. Crimping Kabel Cross

Gb. Crimping Kabel Straight-Throught



1 komentar:

 

Kaiiqua Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design